MOTTO RSUD. A. Makkasau Kota Parepare

CERMAT :
C:
Cepat, E: Efektif & Efisien, R: Ramah, M: Mutu, A: Aman, T: Terjangkau

SASARAN STRATEGIS


1.   Kebijakan Dasar
a Perbaikan mutu pelayanan
b.   Perbaikan manajemen sumberdaya manusia
c Penataan kelembagaan (struktur dan sistem)
d.   Pemantapan nilai-nilai dasar menjadi budaya organisasi
e Penataan sistem akuntansi keuangan
f.    Pengendalian biaya dan struktur anggaran
g.    Perbaikan manajemen logistik medik dan non medik

2.  Sasaran Strategis
Untuk  mencapai  VisRumah  Sakit,  dirumuskan  formulasi  strategis  yang  lebih konkrit, tajam dan terukur berupa sasaran strategis (Strategic Objective) dalam kurun waktu  tahun 2008 2012. Sasaran strategis tersebut disusun berdasarkan 4 ( empat ) perspektif , sebagai berikut :
2.1    Perspektif Pelanggan
Berdasarkan data historis kondisi pelanggan RSU A. Makkasau menunjukkan posisi yang relative baik dilihat dari tingkat loyalitas dan keinginan masyarakat untuk menjadi  pasien  baru. Dalam 5 tahun ke depan diharapkan kondisi ini semakin ditingkatkan dengan menetapkan sasaran-sasaran :
a    Meningkatnya Kepuasan Pelanggan, dengan beberapa  target  kinerja sebagai berikut :

Target Kinerja
Customer Aquitation Klas I dan II
50 %
Index Kepuasan Pelanggan
90%
Angka pasien pulang paksa
1 %
Angka pasien pindah Rumah Sakit
0,1 %
Cakupan Kunjungan Pasien
Naik 10 % setiap tahun

 b.   Meningkatnya akuntabilitas publik kepada masyarakat,  dengan  target kinerja  penerbitan  laporan  akuntabilitas   RS yang telah dievaluasi oleh evaluator eksternal dengan kualifikasi sangat baik.


2.2   Perspektif Proses Bisnis Internal
 Pada perspektif ini, menjadi prioritas penekanan arah bisnis Rumah Sakit, karena menurut data histories menunjukkan kinerja yang realtif kurang . Diharapkan dengan peningkatan kinerja pada perspektif perumbuhan dan pembelajaran mampu memeberikan kontribusi langsung pada kinerja perpektif ini. Beberapa sasaran yang ditetapkan untuk keberhasilan arah bisnis rumah sakit adalah sebagai berikut :

a.    Meningkatnya mutu layanan Rawat Inap, dengan target kinerja sebagai berikut :

Target Kinerja
Quality of Place

BOR
75-85%
BTO
5-45 hari
TOI
1-3 hari

Target Kinerja
Quality of Services

GDR
3%
NDR
2,5%
Angka Kematian Ibu
0,25%
Angka Kematian Bayi
0,20%