1. Kebijakan Dasar
a. Perbaikan mutu pelayanan
b. Perbaikan manajemen sumberdaya manusia
c. Penataan kelembagaan (struktur dan sistem)
d. Pemantapan nilai-nilai dasar menjadi budaya organisasi
e. Penataan sistem akuntansi keuangan
f. Pengendalian biaya dan struktur anggaran
g. Perbaikan manajemen logistik medik dan non medik
2. Sasaran Strategis
Untuk mencapai Visi Rumah Sakit, dirumuskan formulasi strategis yang lebih konkrit, tajam dan terukur berupa sasaran strategis (Strategic Objective) dalam kurun waktu tahun 2008 – 2012. Sasaran strategis tersebut disusun berdasarkan 4 ( empat ) perspektif , sebagai berikut :
2.1 Perspektif Pelanggan
Berdasarkan data historis kondisi pelanggan RSU A. Makkasau menunjukkan posisi yang relative baik dilihat dari tingkat loyalitas dan keinginan masyarakat untuk menjadi pasien baru. Dalam 5 tahun ke depan diharapkan kondisi ini semakin ditingkatkan dengan menetapkan sasaran-sasaran :
a. Meningkatnya Kepuasan Pelanggan, dengan beberapa target kinerja sebagai berikut :
Target Kinerja | |
Customer Aquitation Klas I dan II | 50 % |
Index Kepuasan Pelanggan | 90% |
Angka pasien pulang paksa | 1 % |
Angka pasien pindah Rumah Sakit | 0,1 % |
Cakupan Kunjungan Pasien | Naik 10 % setiap tahun |
2.2 Perspektif Proses Bisnis Internal
a. Meningkatnya mutu layanan Rawat Inap, dengan target kinerja sebagai berikut :
Target Kinerja | |
Quality of Place | |
BOR | 75-85% |
BTO | 5-45 hari |
TOI | 1-3 hari |
Target Kinerja | |
Quality of Services | |
GDR | 3% |
NDR | 2,5% |
Angka Kematian Ibu | 0,25% |
Angka Kematian Bayi | 0,20% |